Tentang patimber

×

Cara Merubah File PDF ke Text/Doc atau ke Format Lainnya

Yaps, benar yang sobat duga. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara mengubah atau mengkonversikan file pdf ke format text, doc, atau format lainnya. Sebelumnya, anda harus mengetahui terlebih dahulu sedikit ulasan tentang file pdf. Menurut wikipedia indonesiaPortable Document Format (PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Walaupun hanya sedikit penjelasan tentang file pdf nya, itu mungkin sudah dapat anda mengerti dan itu adalah pengetahuan dasarnya dari pdf. Jika kurang lengkap atau ingin informasi lebih tentang apa itu pdf, silakan anda tunggu artikel saya yang menjelaskan lengkap tentang pdf, karena saya tidak akan menjelaskannya di artikel ini.

Oke, kita masuk ke topik utamanya. Dalam dunia komputer, untuk mengubah atau menkonfersi file pdf ada dua cara atau dua alternatif yang dapat digunakan, yaitu cara online atau pun cara offline (menggunakan software).
Untuk anda yang mempunyai koneksi internet dan tidak ingin yang ribet, saya sarankan menggunakan cara pertama ini, yaitu menggunakan cara online. Cara online ini, dibilang cukup mudah dan simple, karena kita tinggal membuka situsnya saja, dan disitu sudah disediakan bagaimana cara menkonversi file pdf itu sendiri. Ini saya sediakan beberapa situs penyedia layanan tersebut.


  • Zamzar.com : Zamzar adalah salah satu website yang menyediakan proses konversi online file pdf ke bentuk file lainnya, baik meng-convert file PDF ke file word (DOC), maupun ke format lainnya seperti HTML, ODT, PCX, PNG, PS, RTF, and TXT. Anda tinggal memilih (browse) file yang akan anda rubah, setelah selesai zamzar akan mengirimkan sebuah Link ke email anda, untuk mendownload hasil konversi.
  • PDFonline.com : Alternatif lain yang anda bisa memanfaatkan PDF Online dari BCL Technologies, setelah proses konversi selesai anda tinggal mengklik kanan pada link yang diberikan dan plih “save link as” sebagai RTF Word document.
  • FreePDFconvert.com : Solusi online lainnya untuk merubah file PDF adalah Free PDF Converter. Hampir sama dengan Zamzar tapi di Free PDF Converter, anda hanya bisa melakukan konversi setiap 30 menit. Selain itu ukuran filepun sangat terbatas. Lainnya halnya bila anda menjadi Member Free PDF Converter dengan biaya sekitar 9 dollar per bulan, anda bisa bebas merubah PDF anda tanpa dibatasi waktu dan ukuran, alias unlimited.
  • PDFtoWord.com : Convert your PDF files back to editable Microsoft Word documents using Nitro's industry-leading technology. Convert files one at a time online, or try Nitro Pro and convert all your files free for 14 days.

Jika anda ingin menggunakan software untuk pengkonversasiannya atau anda tidak mempunyai koneksi internet di rumah? Anda bisa menggunakan beberapa software yang saya sediakan alternatifnya. Software yang tersedia di bawah, ada yang bisa didapatkan full version secara free, trial, atau full yang saya sediakan serialnya. Ini dia beberapa software tersebut.

  • BCL Easy Converter Dekstop : Anda bisa mencoba BCL Easy Converter Desktop 1.0 untuk waktu 30 hari. Dengan BCL Easy Converter Desktop 1.0 anda bisa dengan mudah file PDF anda menjadi format RTF.
  • Docs Smartz : Kalau dengan BCL Easy Converter Desktop 1.0 anda hanya bisa merubah bentuk PDF ke bentuk RTF saja, maka DocSmartz menawarkan solusi yang lebih banyak pilihan, karena anda bisa merubah file PDF anda menjadi format lain seperti Excel, HTML, atau Postscript.
  • PDF Transformer : Software ini mampu menkonversi file pdf ke berbagai macam format file, seperti HTML, doc, rtf, dan format lainnya.
  • PDF2Word : Software ini cukup bagus, dan software ini juga sudah cukup terkenal di kalangan dunia maya. Walaupun software ini termasuk software berbayar, tapi saya sudah sediakan Serial Numbernya. Jika anda ingin mendapatkan serial numbernya bisa klik di sini.
Mungkin hanya itu saja yang bisa saya share di artikel saya kali ini. Mohon maaf saya tidak bisa menyediakan tutorialnya secara lengkap, dikarenakan memang kepadatan waktu saya. Mungkin jika nanti ada waktu senggang saya akan update lagi artikel yang berhubungan dengan ini, dan akan saya jelaskan secara merinci. Tapi saya sarankan silakan gunakan konversi lewat online, karena lebih mudah dan tidak rumit bagi para pemula. Jika anda ingin menambahkan software atau situs penyedia layanan tersebut, silakan dan saya sangat berterima kasih bila anda menuangkan ilmu anda di blog ini.
Terima Kasih! Semoga Bermanfaat!



Author: - 8:04 AM

Tidak ada komentar